clock

Selasa, 18 Desember 2012

DEFINISI MEDIA PEMBELAJARAN MENURUT PARA AHLI

Pengertian media mengarah pada sesuatu yang mengantar/meneruskan informasi (pesan) antara sumber (pemberi pesan) dan penerima pesan. Media adalah segala bentuk dan saluran yang dapat digunakan dalam suatu proses penyajian informasi (AECT Task Force,1977:162) ( dalam Latuheru,1988:11). Robert Heinich dkk (1985:6) mengemukakan definisi medium sebagai sesuatu yang membawa informasi antara sumber (source) dan penerima (receiver) informasi. Masih dari sudut pandang yang sama, Kemp dan Dayton (1985:3), mengemukakan bahwa peran media dalam proses komunikasi adalah sebagai alat pengirim (transfer) yang mentransmisikan pesan dari pengirim (sander) kepada penerima pesan atau informasi (receiver).
Sumber: Laria, Kartika 2008. Kajian Pustaka: Media Pembelajaran. (http://www.infoskripsi.com/Article/Kajian-Pustaka-Media-Pembelajaran.html) ,diakses 7 September 2009
Kata media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi (Sadiman,2002:6).
Latuheru(1988:14), menyatakan bahwa media pembelajaran adalah bahan, alat, atau teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar proses interaksi komunikasi edukasi antara guru dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdaya guna. Berdasarkan definisi tersebut, media pembelajaran memiliki manfaat yang besar dalam memudahkan siswa mempelajari materi pelajaran. Media pembelajaran yang digunakan harus dapat menarik perhatian siswa pada kegiatan belajar mengajar dan lebih merangsang kegiatan belajar siswa.
Sumber: Haryalesmana,Devid 2008. Pengertian Media Pembelajaran. (http://www.guruit07.blogspot.com/2009/01/pengertian-media-pembelajaran.htm) ,diakses 7 September 2009
Kata media berasal dari bahasa Latin Medius yang secara harfiah berarti tengah, perantara, atau pengantar. Tetapi secara lebih khusus, pengertian media dalam proses pembelajaran diartikan sebagai alat-alat grafis, fotografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau verbal. Media juga dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk menyalurkan pesan, merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa, sehingga dapat terdorong terlibat dalam proses pembelajaran. Gagne mengartikan media sebagai berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar. Heinich, Molenda, Russel (1996:8) menyatakan bahwa : “A medium (plural media) is a channel of communication, example include film, television, diagram, printed materials, computers, and instructors. (Media adalah saluran komunikasi termasuk film, televisi, diagram, materi tercetak, komputer, dan instruktur). AECT (Assosiation of Education and Communication Technology, 1977), memberikan batasan media sebagai segala bentuk saluran yang dipergunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. NEA (National Education Assosiation) memberikan batasan media sebagai bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak, audio visual, serta peralatanya.
Sumber: Nursidik,Yahya 2008. Media Pembelajaran. (http://apadefinisinya.blogspot.com/2008/05/media-pembelajaran.html) ,diakses 7 September 2009
Kata media berasal dari kata medium yang secara harfiah artinya perantara atau pengantar. Banyak pakar tentang media pembelajaran yang memberikan batasan tentang pengertian media. Menurut EACT yang dikutip oleh Rohani (1997 : 2) “media adalah segala bentuk yang dipergunakan untuk proses penyaluran informasi”. Sedangkan pengertian media menurut Djamarah (1995 : 136) adalah “media adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai Tujuan pembelajaran”.
Selanjutnya ditegaskan oleh Purnamawati dan Eldarni (2001 : 4) yaitu :
“media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar”.
DAN LEBIH RINCINYA
1) Gene L. Wilkinson (1980) mengartikan media sebagai alat dan bahan selain buku
teks yang dapat dipergunakan untuk menyampaikan informasi dalam suatu situasi
belajar mengajar;
2) Gagne (1970), media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang
dapat merangsang siswa untuk belajar;
3) Wong, mengartikan media adalah sebagai alat atau mekanisme untuk menyalurkan
pesan keindraan siswa/ sasaran didik.
4) Media menurut Association of Education and Communication Technology yaitu
segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyalurkan pesan.
5) Briggs (1970) berpendapat bahwa media adalah segala alat fisik yang dapat
menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar. Seperti: buku, film, kaset,
dan sebagainya. Media elektronik (film, video).
6) Media adalah segala bentuk perantara yang dipakai untuk menyebar ide, sehingga
ide atau gagasan itu sampai pada penerima (Santoso S.Hamijaya).
7) Media adalah chanel (saluran) karena pada hakekatnya media memperluas atau
memperpanjang kemampuan manusia unruk merasakan, mendengar dan melihat
dalam batas-batas jarak, ruang dan waktu tertentu. Dengan bantuan media batas-batas
itu hampir menjadi tidak ada. (McLuahan).
8) Media adalah medium yang digunakan untuk memebawa/ menyampaikan sesuatu
pesan, dimana medium ini merupakan jalan atau alat dengan suatu pesan berjalan
antara komunikator dengan komunikan (Blake and Haralsen).
9) AECT menyatakan, media adalah segala bentuk yang dipergunakan u ntuk proses
penyaluran informasi.
10) NEA ( National Education Association) berpendapat media adalah segala benda
yang dimanipulasikan, dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrumen
yang digunakan untuk kegiatan tersebut.
11) Menurut Donald P. Ely & Vernon S. Gerlach, pengertian media ada dua bagian, yaitu
arti sempit dan arti luas. Arti sempit: bahwa media itu berwujud grafik, foto, alat
mekanik, dan elektronik yang digunakan untuk menangkap, memproses serta
menyampaikan informasi. Arti luas: kegiatan yang dapat menciptakan suatu kondisi,
sehingga memungkinkan peserta didik dapat memeperoleh pengetahuan,
keterampilan dan sikap yang baru.
Asosiasi Pendidikan Nasional (National Education Association) memberi batasan bahwa
media adalah bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak maupun audio visual serta
peralatannya. Media hendaknya dapat dimanipulasi, dilihat, didengar, dan dibaca).


Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2250595-pengertian-media-menurut-para-ahli/#ixzz1uxxYfRUW
Sumber: Kusumah,Wijaya 2007. Media Pembelajaran. (http://wijayalabs.blogspot.com/2007/11/media-pembelajaran.html) ,diakses 7 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar